Logo Sabtu, 2 Desember 2023
images

MAJALAHREFORMASI.com - Pengacara kondang Reno Iskandarsyah, S.H, M.H secara resmi maju sebagai caleg DPR-RI dari partai Nasdem. Reno akan mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) 1 meliputi Jakarta Timur, dengan nomor urut 3. Reno mengemukakan alasannya memilih dapil tersebut karena dirinya sudah lama bertempat tinggal disana sehingga paham betul karakteristik dan kebutuhan masyarakatnya.

"Dapil 1 menjadi pilihan karena saya sendiri bersama keluarga telah lama bermukim di daerah Jakarta Timur jadi sangat memahami kebutuhan masyarakat disini," ujar Reno kepada wartawan di Jakarta.

Reno mengatakan keputusannya untuk maju sebagai caleg pada 2024 mendatang karena rakyat sangat membutuhkan perubahan, terutama dalam akses pembiayaan murah.

Alumni Universitas Padjajaran Bandung ini menjanjikan akan memberi kemudahan dalam pengambilan kredit, khususnya bagi para UMKM yang ingin mendapatkan tambahan modal bagi usahanya.

Dia mengakui jika saat ini telah ada Kredit Usaha Rakyat (KUR) namun ia menilai kebijakan nya tidak pro terhadap rakyat kecil karena syaratnya yang berat sehingga tidak memberikan dampak yang besar buat kesejahteraan masyarakat.

"KUR ada tetapi dengan syarat yang berat, sehingga jangan salahkan masyarakat jika menggunakan jasa pinjol walaupun bunganya sangat tinggi," ungkap Reno.

Seharusnya cukup KTP saja selama dia warga negara Indonesia dan telah diverifikasi oleh pemerintah setempat, mereka berhak mendapat pinjaman.

Sekretaris Jendral Organisasi Advokat Perjuangan Penegakan Keadilan Penasehat Hukum
Indonesia (PERANI) yakin jika programnya ini kelak akan memberikan dampak yang positif bagi rakyat. Pasalnya mayoritas penduduk Jakarta adalah pendatang. Reno mencontohkan masyarakat dari suku Minang ada sekitar 500,000 jiwa di Jakarta Timur yang umumnya berprofesi sebagai pedagang dan mereka sangat butuh akses kredit yang mudah.

Anies Baswedan Pemimpin Masa Depan

Reno menilai bahwa Anies Baswedan adalah sosok pemimpin yang ideal bagi Indonesia saat ini. Masyarakat Jakarta sudah merasakan pada saat Anies Baswedan menjadi Gubernur. Nyaman, teduh, pembangunan terjamin, sangat humanis tidak ada caci-maki. Bahkan, Reno menjelaskan beberapa rumah ibadah telah diresmikan saat Anies menjabat Gubernur DKI Jakarta. Inilah yang akan dibawa nantinya untuk Indonesia jika Anies terpilih menjadi presiden.

Dimata Reno, Anies adalah sosok yang tidak banyak bicara. Untuk memberikan pembuktian tidak gembar-gembor, memaki dan apalagi menghardik masyarakatnya sendiri dan itu lagi-lagi terbukti saat dia menjabat Gubernur.

Anies melakukan segala sesuatunya secara humanis dan berhasil dalam membangun Jakarta, toleransi sangat dijaga. "Saya bingung orang yang enggak melihat itu. Banyak orang mengatakan dia pandai bertutur kata, saya kira wajarlah karena Anies berpendidikan, seorang profesor," pungkas Jebolan LEMHANAS angkatan ke-VI tahun 2020 dalam wawancaranya siang itu.

Sebagai informasi, sosok Reno Iskandarsyah sudah malang melintang di dunia hukum sebagai Advokat dan Konsultan Hukum serta Professional Bisnis selama 20 tahun dan sering menangani korporasi di bidang Likuidasi Perusahaan, Pertambangan, Telekomunikasi, Migas, Infrastruktur dan sektor keuangan seperti Asuransi, Multifinance dan Perbankan untuk melakukan Legal Audit, Restrukturisasi, M&A, Likuidasi, Debt Settlement, Initial Public Offering (IPO), Capital Market, Arbitrase, Project Financing, Litigasi baik Perdata maupun Pidana. (David)