Logo Minggu, 14 Agustus 2022
images

Anies Baswedan Saat Memberi Kuliah Umum di STT REM

JAKARTA, MAJALAHREFORMASI.com - Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan kuliah umum di STT REM, Kelapa Gading, Jakarta bertema 'Kepemimpinan Urban saat ini'.

Kenapa seseorang disebut pemimpin, whats makes you leader? banyak tentu defenisinya tetapi seseorang baru dikatakan pemimpin jika sudah memiliki pengikut, demikian katanya diawal paparannya.

"If you have no follower you are no leader, you maybe smart, charismatik and everything but if nobody follow, you are no leader. You are alone traveller," imbuhnya.

Berbeda konteksnya dengan dirinya sebagai pejabat dengan pemimpin, sebagai Gubernur konsekuensinya suka atau tidak suka maka seluruh staff harus mengikuti instruksinya.

Sedangkan pemimpin jika secara sukarela ada yang mengikutinya itulah menurutnya yang benar. Tidak jarang menurut Anies bertemu pemimpin yang bukan pejabat tetapi ada juga pejabat yang bukan pemimpin.

Dalam konteks Jakarta katanya, banyak hal yang harus diurus di kota ini mulai dari gedung tinggi sampai dilaut terpencil. Ia mencontohkan pulau Sebira yang baru-baru ini dikunjunginya.

"Pulau ini sebenarnya lebih dekat ke lampung dari pada ke Jakarta. Sewaktu saya berkunjung kesana satu pulau turun semua menyambut  karena pulau ini terakhir dikunjungi Gubernur ditahun 1991. Disitu mereka menyatakan apa yang menjadi kendalanya yaitu transportasi laut," ujarnya.

Dahulu hanya dilayani oleh dua kapal laut, sekali berangkat ke Jakarta memakan waktu hingga 8 jam dan jadwal keberangkatan kapal adalah seminggu sekali.

Saat ini Pemprov DKI telah menyediakan kapal cepat, dua jam perjalanan dengan keberangkatan seminggu dua kali.

Semantara Dr. Ariasa Supit, M.Si, dalam sambutannya mengatakan kegembiraan dan rasa terimakasih bagi kehadiran peserta kuliah umum, dan menyatakan tigasnya sebagai ketua STT REM telah berakhir.

"Tugas saya sebagai ketua STT REM sudah selesai dan diganti oleh DR Yogi Dewanto karena saya fokus sebagai ketua pusat ketahanan di UI," tandasnya.

Acara ini juga disertai serah terima jabata ketua STT REM yang baru, disaksikan oleh Anies baswedan. Serta, secara simbolik meneyrahkan bendera kepemimpinan.

Pada akhir acara diberkan cinderamata oleh ketua STT REM DR. Yogi Dewanto kepada Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (*) (David Pasaribu)

  

 


TAG , , ,