Logo Selasa, 24 Mei 2022
images

MAJALAHREFORMASI.com - Konsolidasi organisasi Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah  (LP2KP)  DPW Jawa tengah di hotel Mexolie, Kebumen (22/01/2022) dihadiri oleh Ketum sekber Jokowi nusantara Bayutami Sammy Amalia serta dihadiri DPD LP2KP kabupaten Probolinggo, Wonosobo, Banjar negara, Kebumen, Purworejo, Solo raya dan perwakilan DPP-LP2KP.

Pertemuan tersebut membahas langkah strategis dalam penanganan antara kebijakan pusat dan kebijakan daerah sehingga menjadi sebuah system yang auto pilot.

LP2KP adalah sebuah lembaga yg notabene secara nasional diakui badan hukumnya dan hak asasi manusia, visi-misi nya "CARI USUT TUNTASKAN" semua kebijakan pemerintah dan melakukan pendampingan apabila ada permasalahan dimana LP2KP berkomitmen untuk mengawal program pemerintah dan mengkritisi.

Ketum LP2KP Jateng Uray Wisnu Wijaya memberikan masukan bahwa masih banyaknya tumpang tindih antara kebijakan pusat dan daerah. Dalam kebijakan dan strategy pembangunan hukum untuk memperkuat ketahanan nasional sebagai suatu system diarahkan pada terwujudnya sistem hukum yang mendukung kepentingan nasional. Dimana hukum dan elemen-elemennya memegang kendali penting dalam memperkuat ketahanan nasional.

Atas dasar itulah maka perlu ditentukan serta strategy yang tepat dalam perencanaan pembangunan hukum guna menciptakan ketahanan nasional yang kuat maka hal ini akan sesuai dengan konsep nawacita dan visi misi Indonesia maju presiden Joko widodo (Jokowi) mengenai pembenahan reformasi birokrasi dan pembangunan sumber daya manusia krn ini adalah kunci untuk indonesia lebih maju.

"Besar harapan dengan kehadiran Ketum sekber Jokowi nusantara Bayutami Sammy Amalia dapat bersinergy dengan baik untuk menghadapi segala tantangan bangsa."

Sekjend LP2KP Jateng , Sutrisno Siswo menyampaikan pertemuan ini adalah istimewa dan sebuah kehormatan dimana LP2KP membahas langkah lebih jauh harus profesional energic jujur tegas dan nyata.

Sementara itu, Bendahara DPW LP2KP Jateng Sarifudin menuturkan sebuah moment penting bertemu Ketum Sekber Jokowi nusantara Bayutami Sammy Amalia karena menambah wawasan edukasi serta menambah kekuatan kita dalam satu kelembagaan dalam pengawasan semua kebijakan pemerintah pusat sampai daerah dan mengutarakan ibu Bayutami Sammy Amalia bersedia menjadi dewan pembina LP2KP Jateng.

Ketum sekber jokowi nusantara Bayutami sammy amalia menyatakan dalam pertemuan LP2KP jateng bahwa kehadiran lembaga ini diharapkan menjadi sebuah kekuatan yang strategis untuk mengawal program pemerintah khususnya pada ketahanan nasional.

Karena sebuah cita-cita bangsa yang besar dibutuhkan sebuah kekuatan bersama dari berbagai elemen dan kelompok masyarakat untuk menjadi satu visi-misi dalam sebuah perubahan yang besar.

Dalam paradigma dan tata kelola pemerintah untuk mencapai good and clean goverment menyangkut aspek managemen pemerintahan yang meliputi 8 (Delapan) area perubahan, yaitu:
- Mendapatkan komitmen yang kuat dari pemimpin
- Melibatkan seluruh pemangku kepentingan
- Membentuk tim reformasi birokrasi
- Menetapkan road map 8 (Delapan) area perubahan
- Menerapkan managemen berbasis kinerja
- Menginformasikan upaya dan hasil secara berkala termasuk quick response
- Melakukan monitoring dan evaluasi
- Menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi
Maka hal tersebutlah adalah upaya untuk menata ribuan proses tumpang tindih didalam fungsi fungsi pemerintahan. Dimana upaya itu dapat menata ulang proses birokrasi dari tingkat level terendah hingga tertinggi  dan juga upaya itu juga bisa merevisi dan membangun berbagai regulasi dengan memodernkan berbagai kebijakan, itulah yang dinamakan renew design reformasi birokrasi.

Kadiv intelejen dan investigasi LP2KP Jateng, Slamet Pamudji mengatakan, "Alhamdulillah ibu Bayutami Sammy Amalia bersedia menjadi bagian dari lembaga kita sebagai dewan pembina DPW jateng LP2KP sehingga semua nanti akan menjadi satu visi-misi mengawal kebijakan pemerintah pusat dan daerah." (Red)