Logo Senin, 15 April 2024
images

MAJALAHREFORMASI.com - Kenduri Serumpun Melayu Film Festival, sebuah festival film internasional negara-negara Serumpun Melayu yang meliputi Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei Darussalam akan digelar pada 11-14 Oktober 2023 mendatang di Teater Arena, Taman Budaya Jambi.

Anton Oktavianto, Festival Director Kenduri Serumpun Melayu Film Festival 2023 mengatakan, pemilihan tema ini merupakan respon terhadap persoalan akomodasi aspek kebudayaan melayu dalam penyajian film.

"Semangatnya adalah membaca ulang kembali tata nilai dan karakter ke-melayu-an dalam kekaryaan film," ujar Anton.

Menurutnya, hal ini kemudian diimplementasikan dalam bentuk l iterasi dan kajian penciptaan film “Film Language” yang bisa menjadi p edoman bersama dalam jalan diplomasi kebudayaan melalui film sebagai instrumennya.

Muthi’ah Khairunnisa, Program Director Kenduri Serumpun Melayu Film Festival 2023 mengungkapkan bahwa pada tahun pertama penyelenggaraan festival ini, antusias penggiat film Serumpun Melayu melebihi ekspektasi yang dibayangkan.

Hal ini, kata dia, tampak pada jumlah submission film dan jumlah peserta yang mendaftarkan diri dalam program forum komunitas festival tersebut.

Seperi diketahui, selain program film, Kenduri Serumpun Melayu Film Festival juga turut merayakan kegiatan kebudayaan dalam festival ini. Masyarakat dapat menyaksikan Pentas Budaya Tari Tradisional Jambi dan Hikayat Aceh, menikmati kuliner melayu, dan juga menghadiri Pameran Manuskrip Aceh, dan ikut serta dalam tur kebudayaan ke Museum Sinema Jambi dan Candi Muaro Jambi. (DaVid)