Logo Selasa, 7 Desember 2021
images

MAJALAHREFORMASI.com - Setiap orang tentunya punya makna dan pemahaman tersendiri saat ditanya mengenai makna sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, termasuk bagi Wiwiek Hargono yang kesehariannya dikenal sebagai istri wakil Walikota kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono.

Bagi Wiwiek sapaan akrabnya, momentum ini mengingatkan kembali komitmen para generasi muda akan kemajuan bangsa. "Sehingga Tidak melulu mengenai berjuang melalui fisik namun pengembangan inovasi dan kreativitas," ujar Wiwiek saat ditemui wartawan di kantor Walikota Bekasi (26/10) .

Wiwik kemudian menjabarkan perjuangan ini dapat dilakukan dengan wujud berkarya, mempersembahkan ide-ide yang efektif dan efisien serta melahirkan produk unggul agar dapat bersaing. Ia percaya momentum sumpah pemuda ini mampu mengobarkan semangat para pemuda pemudi untuk mencintai tanah air dengan caranya masing-masing.

Wanita kelahiran 19 Februari 1974 ini berpesan kepada kaum muda mudi senantiasa menjaga semangat dalam berkreasi, harus produktif, namun di sisi lain anak muda juga harus menjaga pola dan gaya hidupnya. Jangan mudah terpancing gengsi hanya untuk mencari sensasi. "Teruslah meraih mimpi tapi inget hayo jangan lupa mengelola stres. Tidak boleh berambisi karena itu justru akan menjatuhkanmu," ucapnya sambil tersenyum.

Perkembangan Teknologi saat ini, ujar dia, dapat digunakan meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing dengan menciptakan ide kreatif yang bermanfaat dan menginspirasi.

Saat di tanya wartawan masih relevankah sumpah pemuda saat ini? Bagi dia sumpah Pemuda masih cukup relevan di masa sekarang.Karena, generasi muda akan senantiasa membutuhkan sebuah kesadaran pentingnya persatuaan di negeri ini untuk merdeka, tinggal aplikasikan dalam kondisi saat ini.

Lebih jauh, ia juga menuturkan setiap anak muda punya panutan. "Pilih panutan dengan mengambil sisi baiknya karena kesempurnaan hanya milik Tuhan," beber dia.

Peran Pemerintah Kota Bekasi

Pemerintah kota Bekasi sendiri, menurutnya dia, sudah banyak memiliki perhatian untuk menjaga persatuan dan kesatuan khususnya di kalangan pemuda. Salah satunya dengan mewadahi komunitas dan organisasi kepemudaan. 

Ia mencontohkan seperti mewadahi komunitas bertani, olahraga, serta komunitas dalam bidang fashion dan beauty hingga entrepreneurship. Tak ketinggalan juga dengan organisasi KNPI dan KaTar.

Bukan hanya itu, ruang publik juga dikelola agar dapat menjadi tempat bersilaturahmi dan menjaga tali persaudaraan. Seperti taman-taman hingga memanfaatkan area olahraga di bawah flyover.

Wiwiek mengakui masih banyak hal lain yang dilakukan bersama Pemerintah dan generasi muda dengan saling bergandeng tangan, membuat kolaborasi dan melahirkan kreasi yang gemilang.

"Selamat memperingati hari sumpah pemuda, mari anak muda kita tunjukkan pada bangsa bahwa Kota Bekasi adalah Kota yang memiliki pemuda pemuda yang kreatif dan inspiratif," ucapnya sambil menutup. (David)