Logo Selasa, 23 Juli 2024
images

MAJALAHREFORMASI.com - Memperingati hari UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Nasional 2023, Ketua Komisi Tetap Bidang UMKM IWAPI, Nana Sarinah mengajak para pelaku UMKM agar meningkatkan kwalitas dan standarisasi mereka.

Lebih lanjut, pengusaha berparas cantik ini juga menambahkan agar para pelaku UMKM, menjaga kepercayaan customer dengan hasil yang bagus dan tepat waktu.

"Saya berharap teman-teman di UMKM ini selalu menjaga kepercayaan customer yaa," ujar Nana kepada wartawan di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Nana juga memberikan beberapa pesan dan harapannya kepada Pemerintah dalam memperingati hari UMKM.

Pertama, mendorong pemerintah memberikan akses kepada UMKM untuk mendapat pembiayaan dengan menyediakan bunga rendah atau program pinjaman yang mudah diakses.

Hal ini, ungkap Nana, jelas akan membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka tanpa terlalu banyak beban finansial.

Kedua, peningkatan Pelatihan dan Edukasi. Pasalnya dengan memberikan pelatihan dan pendidikan kepada para pelaku UMKM tentang manajemen bisnis, pemasaran, dan teknologi akan membantu mereka mengelola usaha dengan lebih efektif dan efisien.

Ketiga, kata salah satu Owner Kipina Kids Indonesia ini pemangkasan birokrasi dengan cara menyederhanakan proses perizinan dan mengurangi birokrasi. "Pemangkasan birokrasi akan membantu UMKM dalam memulai dan menjalankan bisnis mereka tanpa hambatan yang berlebihan," papar Nana.

Masih kata Nana, ia mengingatkan pemerintah untuk mengoptimalkan peningkatan Infrastruktur agar membantu UMKM mengoptimalkan operasi mereka. "Ya infrastruktur saya kira sangat perlu, misalnya: akses listrik, air bersih, dan konektivitas internet yang handal akan memaksimalkan usaha UMKM," terang Nana.

Kelima, hal yang juga tidak kalah pentingnya, Pemerintah dapat membantu UMKM dalam mengakses pasar yang lebih luas, baik di dalam negeri maupun luar negeri, melalui promosi dan fasilitasi pameran atau ekspor.

Kemudian, kata pengusaha yang baru saja membuka cabang baru Kipina Kids di Bali dan Medan ini dengan memberikan perlindungan yang kuat terhadap hak kekayaan intelektual. Hal ini nantinya akan mendorong UMKM untuk lebih berinovasi dan menciptakan produk yang lebih unik dan berkualitas.

Pesan selanjutnya, mendorong dan memfasilitasi kerja sama antara UMKM dengan perusahaan besar agar dapat membantu dalam pemasaran, produksi berskala besar, dan transfer pengetahuan bisnis.

Menyediakan akses ke teknologi modern dan inovasi akan membantu UMKM. "Hal ini menurut saya penting untuk dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka," tandasnya.

Tak kalah pentingnya, ungkap Nana, dengan memberikan insentif fiskal atau subsidi tertentu kepada UMKM dapat membantu mereka mengatasi tantangan ekonomi tertentu, terutama dalam situasi krisis.

Terakhir, Nana menjelaskan bahwa Pemerintah perlu memiliki mekanisme untuk memantau dan mengevaluasi dampak dari kebijakan yang telah diterapkan terhadap UMKM, sehingga dapat disesuaikan untuk memberikan manfaat yang optimal.

Menurutnya, semua langkah ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan kontribusi UMKM terhadap ekonomi nasional.

"Selamat hari UMKM bagi seluruh pelaku UMKM dimana pun anda berada, tetap semangat dan berkarya selalu," ucap Nana sambil menutup perbincangan malam itu. (David)